Saturday, April 01, 2017

CLASSICARES II: Konser Peringatan Wafatnya Aktivis Musik Klasik Bandung, Mutia Dharma


Wafatnya Mutia Dharma pada 27 Februari lalu adalah pukulan telak untuk penyelenggaraan musik klasik di Kota Bandung. Mutia, dengan bendera Classicorps Indonesia -event organizer musik klasik yang ia dirikan-, dapat dikatakan sebagai penyelenggara paling aktif dalam sepuluh tahun terakhir ini. Tidak hanya aktif mendatangkan musisi mancanegara, ia juga memberi banyak panggung bagi musisi lokal.
Classicares II adalah bentuk perhatian atas seluruh jasa-jasa Mutia. Sekian puluh musisi menyatakan dengan sukarela bergabung dengan konser yang mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling besar (diukur dari jumlah partisipan) dalam penyelenggaraan musik klasik di Bandung. Musisi dengan beragam format dan instrumen menyatakan siap menampilkan yang terbaik sembari mendeklarasikan: "Musik Klasik Bandung tidak boleh mati pasca Mutia Dharma. Justru segenap musisi harus bersatu untuk terus menghidupkan spiritnya."
Classicares II akan berlangsung 2 April 2017 di Auditorium IFI - Bandung, Jalan Purnawarman no. 32 jam 17.00. Acara ini bersifat donasi sukarela dan seluruh dana akan disumbangkan ke panti asuhan atas nama Mutia Dharma binti Agus Dharma.

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.