Sunday, April 12, 2015

Resital Cascade Trio


Konser Cascade Trio
Menampilkan karya-karya dari Schubert, Mendelssohn, dan Shostakovich
Senin, 13 April 2015
Pk. 19.30
Aula Lantai 4 GKI Anugerah
Jl. Jend. Sudirman 193 - 197

Informasi & Reservasi: 
Syarif (0817-212-404)

Profil: 
Cascade Trio dibentuk pada bulan September 2013 di Yogyakarta, Indonesia. Di negeri dimana format musik kamar termasuk ke dalam hal yang langka, violinis Danny Ceri, cellis Ade Sinata, dan pianis Airin Efferin malah dengan giat dan penuh komitmen, berbagi musik mereka dalam format itu. Format musik kamar dengan piano dan dua instrumen gesek tersebut, akrab disebut dengan piano trio. Bisa dibilang, Cascade Trio merupakan kelompok dengan format piano trio yang barangkali paling konsisten di Indonesia sekarang ini. Menariknya, tiga orang tersebut tidak tinggal di wilayah yang sama –Danny dan Ade tinggal di Yogyakarta, sedangkan Airin tinggal di Bandung-. Artinya, untuk sekadar latihan, mereka harus menempuh waktu delapan jam dengan menggunakan kereta api. Waktu latihan yang rutin diadakan sebulan sekali itupun, terjadi diantara kesibukan mereka yang berlimpah, seperti misalnya Danny mengajar violin di Institut Kesenian Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Ade mengajar cello serta teori musik di Universitas Kristen Satya Wacana. Hal tersebut belum termasuk aktivitas keduanya sebagai pemain orkes di Twilite Orchestra, Jakarta Simfonia Orchestra, Jakarta Concert Orchestra, dan Nusantara Symphony Orchestra. Airin sendiri aktif bermusik di gereja. Ia adalah principal untuk Gracioso Music Studio dan direktur musik untuk Yeduthun Orchestra GKI Anugrah.

Dengan tanggung jawab yang demikian berlimpah, mereka tetap aktif untuk konser dan memberikan workshop. Contohnya adalah pada tahun 2014, Cascade Trio, bekerjasama dengan sekolah musik maupun universitas, mengunjungi Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Salatiga. Dari pengalaman konser dan workshop tersebut, mereka mendapati bahwa tidak banyak orang familiar dengan konsep musik kamar maupun piano trio. Atas dasar itu, menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi Cascade Trio, untuk terus berkonser dan memberikan workshop, dalam rangka sosialisasi tentang musik kamar maupun piano trio itu sendiri. Besar harapan, banyak generasi muda yang tidak hanya semakin mengenal tentang musik kamar ataupun piano trio, tapi juga terdorong untuk bermain dan mendalami format tersebut.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.