Wednesday, September 05, 2012

Melepas Afifa Ayu ke Negeri Musashi

Minggu, 2 September 2012

Afifa Ayu (ketiga dari kiri) bersama band Angsa dan Serigala.

Afifa Ayu bukanlah orang baru di KlabKlassik (KK). Ia datang pertama ke KK masih berkumpul di CommonRoom -mengingat kepindahan KK ke Tobucil dari sejak tahun 2007, maka Afifa sudah aktif di KlabKlassik sejak lebih dari lima tahun yang lalu!-. Kehadirannya yang pertama kali itu datang bersama violinis Ammy Kurniawan. Afifa, yang berstatus sebagai murid, kala itu masih duduk di bangku SMP dan memainkan satu karya berjudul Korobushka.

Waktu demi waktu berlalu, Afifa akhirnya memasuki kehidupan kampus. Meski demikian, karirnya sebagai violinis tidak ditinggalkan. Ia malah semakin gemilang seiring dengan keaktifannya di berbagai acara musik. Terakhir ini, Afifa tengah aktif-aktifnya di band yang sedang naik daun, Angsa dan Serigala. Kecemerlangannya di wilayah musik ini ternyata juga sejalan dengan karirnya di bidang akademik. Ia mendapatkan semacam beasiswa untuk penelitian di Tokyo Institute of Technology selama setahun.

Kepergiannya ini "dirayakan" dengan mengadakan farewell party di rumahnya sendiri di daerah Pasteur. Afifa mengundang terutama rekan-rekannya di bidang musik untuk tampil sekaligus silaturahim karena juga berkaitan dengan momen pasca lebaran. Ada 4 Peniti, Angsa dan Serigala, serta Strangers Band menyumbangkan dua tiga lagu untuk memeriahkan acara yang -asyiknya- diselenggarakan di garasi rumah tersebut. Ruangan garasi yang relatif kecil justru menjadikan suasana lebih akrab.

Setelah dibuka dengan penampilan Afifa dan keluarga, yakni adiknya, Ilham, dan sepupunya, Rafdi, berturut-turut Afifa tampil berkolaborasi. Tidak hanya bermain violin, Afifa juga menunjukkan kepiawaiannya dalam menyanyi dan bermain keyboard.  Setelah penampilan apiknya dengan berbagai band, Afifa menutup acara perpisahannya tersebut dengan menampilkan lagu ciptaannya sendiri berjudul Rindu. Didampingi oleh Ilham dan Ammy, lagu yang sendu dan melankolik itu menjadi pamungkas yang tepat karena membuat suasana menjadi cukup mengharukan. Hal tersebut juga ditambah dengan pidato singkat dari Papa Afifa yang berkata, "Terima kasih pada kalian, teman-teman Afifa yang berharga, yang begitu penting artinya pada perkembangan anak saya."

Demikian. Mari kita doakan semoga Afifa bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya di negeri Musashi. Tidak hanya itu, semoga ia juga bisa membawa kembali ilmu tersebut dan membagi-bagikannya untuk memajukan negeri ini.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.