Saturday, March 17, 2012

KlabKlassik: Menyimak Music Scoring Film "2001: A Space Odyssey"


Minggu, 18 Maret 2012
Pk. 15.00 - 18.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Gratis dan terbuka untuk umum

"2001: A Space Odyssey" adalah film fiksi-ilmiah yang disutradarai oleh Stanley Kubrick. Film berdurasi 142 menit tersebut berkisah tentang penyelidikan batu monolit hitam dan perjalanan ke Planet Jupiter. "2001: Space Odyssey" termasuk film brilian karena kombinasi visual dan audio yang apik. Kubrick juga meminimalisasi dialog. Katanya, "is basically a visual, nonverbal experience" . Terdapat interpretasi yang beragam tentang makna di balik film ini, namun satu hal yang paling sering disorot adalah pemilihan music scoring-nya, yaitu dua karya besar era romantik: On A Beautiful Blue Danube karya Johann Strauss II dan Also Sprach Zarathustra karya Richard Strauss. Suatu pertimbangan yang unik untuk film yang pada masa itu menggambarkan dunia nyaris lima puluh tahun ke depan. Mari kita dengar-lihat-hayati sama-sama, sebuah karya puitik Stanley Kubrick, yang futuristik sekaligus klasik.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.