Friday, March 09, 2012

KlabKlassik Edisi Playlist #11: One Day of Peace and Music


Minggu, 11 Maret 2012
Pk. 13.00 - 15.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Tentang Edisi Playlist
Edisi Playlist bertujuan untuk melatih apresiasi. Memberi pengetahuan tentang keberbedaan selera yang berkembang di masing-masing persona, dan bagaimana cara menghargainya. Terlebih ketika hari ini musik sudah jarang sekali diperlakukan sebagai "musik an sich". Musik sekarang kita dengar sebagai latar belakang, mulai dari berbelanja di mal, menonton televisi, hingga menyetir di mobil. Mari kita duduk, menghargai musik sebagai musik, didengarkan dalam entitasnya yang sejati. Semoga ada kebenaran yang bisa diraih disana. Amin.
Tatacara
Peserta kumpul-kumpul berpartisipasi dengan cara membawa satu lagu favoritnya (tidak harus klasik loh!) dalam flashdisk untuk diputar dan diapresiasi bersama-sama. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.
Latar Belakang Edisi Kali Ini
Hari Minggu yang lalu KlabKlassik baru saja memutar dokumenter Woodstock, sebuah event yang bertajuk "An Aquarian Exposition: 3 Days of Peace & Music". Max Yasgur, pemilik tanah yang menjadi lokasi event tersebut menyatakan bahwa :

...it as a victory of peace and love. He spoke of how nearly half a million people filled with possibilities of disaster, riot, looting, and catastrophe spent the three days with music and peace on their minds. He states that "if we join them, we can turn those adversities that are the problems of America today into a hope for a brighter and more peaceful future."
Sebuah prestasi yang luar biasa, dimana segitu banyaknya orang berkumpul dalam sebuah mosi damai. Selain faktor subkultur 1960an dengan flower generationnya, dikatakan bahwa musik yang tersaji itu sendiri yang sanggup menghadirkan kedamaian.
Bagaimana tanggapan anda? Edisi playlist kali ini bertemakan '1 Day of Peace & Music'. Setiap peserta wajib membawa sebuah musik yang menurut peserta dapat membuat pendengarnya merasakan damai. Bisa damai yang subjektif, bisa perdamaian dunia utopian, bebas.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.