Wednesday, September 28, 2011

Resital Kuartet Gesek: Djava String Quartet

desain poster oleh vitarlenology


Djava String Quartet:
Ahmad Ramadhan - biola
Danny Ceri - biola
Dwi Ari Ramlan - biola alto
Ade Sinata - cello

Jumat, 7 Oktober 2011
Auditorium CCF
Jl. Purnawarman no. 32
jam 19.30 - 21.00

Tiket seharga Rp. 25.000 dijual mulai tanggal 30 September di
Tobucil, Jl. Aceh no. 56 (022-426-1548) atau Syarif (0817-212-404)
Berawal dari semangat bermain tanpa konsep, akhirnya Danny Ceri (biola), Ahmad Ramadhan (biola), Dwi Ari Ramlan (biola alto) dan Ade Sinata (cello) memutuskan untuk membentuk kuartet gesek pada tanggal 22 November 2008 yang diberi nama D’Java String Quartet (DSQ).

Meski terbilang pendatang baru, namun DSQ aktif menunjukkan eksistensinya dengan menyelenggarakan konser bersama maupun tunggal. Pada 9 Maret 2009, DSQ mengadakan konser apresiasi di UKRIM Yogyakarta. Tanggal 27 Maret 2009, bersama dengan dua string quartet lainnya yang tergabung dalam Yogyakarta Youth String Quartets (YYSQ), DSQ mengadakan konser di Lembaga Indonesia Prancis Yogyakarta. Dan 17 April 2009 d’Java menggelar resital tunggal perdananya di auditorium CCF Bandung.

Selain program apresiasi, DSQ mencoba membawa misi edukasi dengan mengadakan Workshop Chamber Music di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta yang berlangsung dari tanggal 13-30 Oktober 2009 bekerjasama dengan YYSQ dan Jogjakarta Pilharmonic Orchestra, tampil sebagai bintang tamu di acara Music Classic Concert di Purwokerto untuk penggalangan dana bagi anak-anak SLB ( Sekolah Luar Biasa ), memainkan karya Eugene Ysaye Harmonie du Soir for String Quartet and String Orchestra diiringi F-Hole String Orchestra dari Institut Seni Indonesia dalam acara Chamber Music Concert, tampil di acara Chamber Music Festival di Yogyakarta, dan Youth Artist Chamber Music Festival di Goethe Haus Jakarta.

DSQ juga rajin mengikuti beberapa masterclass dari grup string chamber seperti Doric String Quartet dari Inggris, Trio Storioni dari Belanda, Prof. Takashi Shimizu dari Jepang, serta mengikuti Bandung Music Camp 2009 dengan tutor Damien Ventula ( Cellist/France ).

Selain tampil secara kelompok, para personil d’Java pun aktif untuk mengikuti event musik skala Internasional seperti South East Asian Youth Orchestra and Wind Ensemble (SAYOWE) di Thailand dan Hida Takayama Music Festival di Jepang. Bulan Juni 2010 d'Java String Quartet mendapatkan First Price pada acara Chamber Music Competition di Singapore.

Sebelum tampil di Bandung 7 Oktober nanti, seminggu sebelumnya d'Java tampil di Filipina.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.