Saturday, October 02, 2010

Nikmatnya Jumpa di Luar Beranda





Selama ini, KlabKlassik rajin berkumpul tiap hari Minggu di beranda Tobucil. Ketika libur lebaran, yang mana Tobucil tutup selama lebih dari seminggu, maka KK jadi kehilangan tempat nongkrong. Sebetulnya ini bukan hal yang buruk-buruk amat, mengingat semestinya orang-orang KK juga ikutan libur lebaran, jadi untuk apa tetap nongkrong? Tapi beberapa orang dari KK, yang terutama tidak keluar Bandung, berinisiatif untuk tetap berjumpa, alasannya apa lagi kalau bukan halal bi halal. Salam-salaman agar lebaran menjadi lengkap.

Sesama KK saling mengunjungi rumah masing-masing, bersalaman dengan sanak saudara dari rumah yang dikunjungi, serta basa-basi menyantap makanan yang disediakan pemilik rumah. Sistemnya berputar dan saling menjemput. Saya, bersama Bilawa, Kang Yadi, Kang Yunus, Kang Tikno, serta Kang Aka, adalah pesertanya.

Dalam acara sehari penuh yang dilakukan pada tanggal 14 September itu, KK menyelipkan kunjungan pada rumah pemilik Tobucil, Mbak Tarlen, yang tentu saja sekaligus kakak-adiknya, yakni Mba Kenti, Mba Upi, dan Mas Banung. Inilah untuk pertama kalinya KK khusus bertemu dengan para punggawa Tobucil itu, di luar beranda Tobucil. Menyenangkan, selain karena disuguhi tape ketan serta kue almond buatan Mba Kenti yang sedap (ini serius sedap, pesanlah kapan-kapan), KK juga merasakan suasana kekeluargaan kala bertandang ke rumah. Maksudnya begini, pertemuan di beranda Tobucil adalah jua bersuasana keluarga. Tapi saling mengunjungi dalam suasana lebaran, dengan niat silaturahmi, itu pertanda bahwa antara KK dan Tobucil, tidak berhubungan sebatas “ada maunya” semata. Belakangan ini banyak hubungan yang telah dinilai sebatas. Mesti ada nilai keuntungan praktis yang langsung bisa diterima saat itu juga.

Silaturahmi adalah bentuk penghindaran sikap politis yang berlebihan. Bahwa sesungguhnya, antara KK dan Tobucil hubungannya adalah sebagaimana sesama manusia: bisa saling memerlukan, menolong, dan menyayangi, tanpa ada takaran yang terlalu ketat.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.