Thursday, June 10, 2010

Akademi KlabKlassik: Hari Perdana

Hari itu ada yang spesial di KlabKlassik, yakni untuk pertama kalinya, mereka berkumpul di hari Minggu yang ganjil. Maksudnya, jika biasanya klab berkumpul di minggu kedua dan keempat, sekarang di minggu pertama pun ternyata ada kumpul-kumpul, tepatnya pukul satu. Bagi Klab, itu adalah hari cukup bersejarah, karena pertama kalinya Klab membuat semacam akademi. Yang mana merupakan semacam kelas yang isinya mengajarkan seputar materi-materi mendekati kuliah. Dosennya? Ada, seorang aktivis Klab dan juga Madfal, namanya Diecky K. Indrapradja. Ia punya pengalaman mengajar cukup banyak, salah satunya di institusi resmi Sekolah Tinggi Musik Bandung.

Hari perdana kelas yang diberi nama Akademi KlabKlassik itu, belajar tentang dasar-dasar harmoni, yang nantinya akan mengarah pada penulisan komposisi. Pesertanya ternyata cukup banyak, ada sepuluh. Delapan diantaranya anggota Ririungan Gitar Bandung, dua lainnya ternyata orang yang baru datang, Kebetulan, yang bikin Klab senang, kedua orang baru tersebut berlatar belakang vokal. Namanya Ucok dan Wawan. Sesuatu yang jarang terlihat di Klab yang kebanyakan gitar dan biola. Meski dimulai agak telat, tapi peserta terlihat serius dan antusias, meski materi ternyata cukup berat. Hari itu belajar soal harmoni jaman barok dan klasik, dan beberapa anjuran serta larangan penulisannya. Misal, dalam sebuah harmoni Sopran, Alto, Tenor, dan Bas, tidak boleh mengulang nada ketiga dua kali. Hal tersebut disebutkan haram di era Klasik, meski bagi telinga kita sekarang, terdengar enak-enak saja. Akademi KlabKlassik akhirnya ditutup dengan latihan menulis pengembangan komposisi dari melodi dasar To Be With You-nya Mr. Big.

Akademi KlabKlassik ini diselenggarakan tiap Minggu, hanya saja di Minggu ganjil waktunya tiga jam (jam 13.00-16.00), sedangkan di minggu genap waktunya sejam (jam 15.00-16.00). Bayarnya tidak mahal, yakni 65.000 Rupiah untuk satu triwulan. Adapun triwulan itu menandai habisnya satu materi.



No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.