Monday, August 24, 2009

Antonin Dvořák: Si Jenius dari Bohemia


Dvořák lahir di Nelahozeves, Bohemia, pada 8 September 1841. Ia menerima pendidikan musik dari sejak kecil. Pada tahun 1857, Dvořák pergi ke kota Praha untuk belajar sekolah organ. Lulus tahun 1860, ia menjadi anggota orkestra dari National Theatre. Pada tahun-tahun berikutnya, ia mengintensifkan studi pada analisis komposisi. Pada tahun 1873, salah satu karyanya yang berjudul Hymnus (untuk chorus), berhasil ditampilkan di Praha; dan dua tahun kemudian, karyanya yang berjudul Symphony in E Flat memenangkan Austrian State Prize. Prestasinya yang meningkat terus membuat ia dipercaya untuk mempimpin National Theatre untuk proyek opera nasionalistik. Dipengaruhi Wagner, ia mengimitasi gaya-gayanya dalam sebuah opera berjudul The King and The Collier, yang kemudian sukses. Setelah diperdengarkan di Vienna, ia juga memenangkan penghargaan dari pemerintah setempat.
Dvořák dan Brahms bertemu di Vienna. Brahms, yang lebih senior, memperkenalkan Dvořák pada agen publikasi bernama Simrock. Simrock memberi komisi pada Dvořák untuk menulis karya orkestra yang didasari oleh tarian tradisional Bohemia. Pada tahun 1878, Dvořák berhasil membuat karya berjudul Slavonic Dances, dan karyanya tersebut membawa ia mahsyur di seluruh Eropa.
Pada tahun 1890, ia menerima penghargaan istimewa dari Cambridge University. Dua tahun berikutnya, ia diundang ke AS untuk menjadi direktur di National Conservatory di New York. Tinggalnya ia di AS, membuatnya tertarik lebih jauh pada musik-musik tradisi milik Negro Amerika dan Indian. Hal tersebut membuatnya terinspirasi, dan menjadikan karya-karyanya yang termahsyur: Symphony from the New World; American Quartet; Piano Quintet in E Flat Major.
Dvorak mundur dari posisinya tahun 1895 dan pulang kembali ke negaranya. Pada tahun 1901, ia menjadi direktur di Prague Conservatory, posisi yang dipegangnya hingga ia meninggal. Tahun-tahun terakhirnya diisi oleh kondisi kesehatan yang buruk. Dvořák meninggal dalam keadaan stroke pada 1 Mei 1904 di Praha.
Dvořák merupakan salah satu komposer Romantik yang kental dengan bentuk tradisionalnya. Amat melodis dan mudah dicerna. Kebanyakan karyanya punya gaya Slavic yang kuat, meskipun itu terdapat dalam karya-karya yang dibuat di Amerika. Karya-karya terkenal lainnya adalah Humoresque, op. 101, Slavonic Rhapsodies, Carnival Overture, Dumky Trio.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.