Monday, June 15, 2009

Selamat Bergabung, Ilham!



Audisi Ensembel Ririungan Gitar Bandung (RGB) yang dilaksanakan hari Minggu (14/6) kemarin hanya dihadiri oleh satu orang. Tapi tak apa, berhubung KlabKlassik (KK) telah komit untuk mengaudisi, tetap dijalanilah itu prosesi. Yang datang namanya Ilham, usianya baru sebelas. Bukan orang baru memang, Ilham ini adalah adik kandung dari Afifa (violin) dan Azisa (cello), dua orang yang telah lebih dulu aktif di KK baik sebagai apresiator maupun pemain.
Ujian pertama adalah mengetes sejauh mana Ilham mampu memainkan partitur Cannon in D, seperti yang telah disebutkan dalam syarat audisi sebelumnya. Sambil membaca partitur, Ilham memainkan Cannon in D secara tersendat-sendat. Loh, Ilham, kenapa? ternyata ia tidak tahu bahwa itu merupakan persyaratannya, jadilah Ilham lulus ujian: sight reading! Lantas apakah ia jadi tidak memenuhi persyaratan karena tidak mampu memainkan Cannon in D? Tidak perlu dibahas, karena lewat rapat yang tidak alot, Ilham diterima sebagai anggota RGB untuk persiapan konser tanggal 20 November. Mengapa? Karena pertama, ketidaktahuan Ilham untuk memainkan partitur Cannon in D, lebih pada kesalahan KK dalam komunikasi. Kedua, kemampuan sight reading yang relatif baik, membuat KK optimis bahwa Cannon in D tidak akan sulit dipelajari di kemudian hari. Ketiga, dalam sesi wawancara, Ilham berjanji untuk komit mengikuti latihan hingga konser. KK tidak profesional? Bisa jadi, jika dalam kacamata profesionalisme ala organisasi atau institusi. Tapi bagi KK -sebuah komunitas-, ujung dari segala profesionalisme mestilah sebuah kebersamaan dan kehangatan untuk berbagi. Artinya, kata "profesional" bermakna sungguh cair.
Setelah Ilham bergabung, sesi latihan Cannon in D dimulai. Ini bagian yang cukup merepotkan, karena karya tersebut adalah untuk kuartet yang ditulis dalam 19 halaman! Walhasil, daripada membuka bulak-balik kerepotan, Pirhot alias Iyok memutuskan untuk menebarkan partitur di atas meja dan kursi.



Jangan lupa, konser RGB, 20 November 2009.

Bach Memberkati

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.