Monday, June 15, 2009

Heitor Villla Lobos: Cinta Tradisi Sampai Mati




Villa-Lobos lahir di Rio de Janeiro, Brasil pada tanggal 5 Maret 1887. Ayahnya meninggal ketika ia berumur sebelas tahun, yang menyebabkan dirinya mesti menghidupi diri sendiri. Villa-Lobos melakukannya hingga dewasa, dengan cara bermain di restoran dan orkestra.
Pasca pendidikannya di Institut Musik Nasional Rio de Janeiro –yang konon ia kecewa terhadapnya-, Villa-Lobos melakukan perjalanan keliling Brasil untuk mempelajari berbagai musik rakyat dan musik tradisional. Ekspedisi tersebut banyak memberikan wawasan pada pengetahuan musiknya, yang mana unsur-unsur musik rakyat dan tradisional selalu dilibatkan dalam setiap karya-karya Villa-Lobos selanjutnya. Sejak itu, dalam setiap karyanya, ia selalu berusaha mengadaptasi melodi, ritmik, dan unsur-unsur tonal dari musik dan tarian Brasil. Karya-karya pria yang multi-instrumentalis ini juga hampir selalu menginterpretasi kultur, geografi, masyarakat, dan latar belakang kedaerahan negaranya. Secara garis besar, karya interpretasi tradisi Villa-Lobos dibagi dua: Satu, Bachianas Brasiliera, suita yang menggambungkan gaya Barok Bach dengan elemen tradisi kerakyatan Brasil. Dua, Choros, yang diistilahkan dengan ”street serenade”, diangkat dari musik populer Brasil, namun dikombinasikan dengan musik tradisi tak hanya dari Brasil sendiri, tapi juga India.
Atas dukungan pemerintah, Villa-Lobos pergi ke Paris pada tahun 1923 dan menetap selama tiga tahun. Kepergiannya ke Paris, meski sebentar, menyisakan kesan cukup dalam bagi masyarakat Brasil. Kepulangannya dari Paris disambut hangat, dan menempatkan dirinya sebagai salah satu figur penting dalam dunia permusikan Brasil. Ia kemudian diangkat menjadi direktur dari pendidikan musik di Rio de Janeiro, yang mana kemudian dimanfaatkan oleh Villa-Lobos untuk merevolusi metode mengajar musik disana.
Pada tahun 1944, Villa-Lobos mengunjungi Amerika Serikat dan menjadi konduktor dari berbagai program orkestra yang memainkan karya-karyanya. Selain bentuk komposisi Bachianas Brasileras dan Choros tadi, Villa-Lobos juga produktif dalam melahirkan berbagai karya.untuk gitar, piano, string quartet, ballet, dan opera, seperti beberapa yang terkenal: twelve etudes, five preludes, Prolo de Bebe, Suite for Piano and Orchestra, dan masih banyak lagi. Villa-Lobos meninggal pada 17 November 1959 di tanah kelahirannya.

No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.