Sunday, May 10, 2009

Istilah dalam Musik Vokal dan Koral (bagian 1)

Berikut ini akan dibahas beberapa istilah dalam bentuk dasar musik vokal dan koral:

Aria : Lagu yang menjadi salah satu bagian dari opera atau oratorio. Claudio Monteverdi adalah orang pertama mengembangkan lirik dari Aria. Aria banyak berkembang dan disempurnakan oleh komposer-komposer Italia macam Alessandro Scarlatti yang populer dengan da capo aria-nya (terdiri dari tiga bagian, dimana bagian ketiga adalah pengulangan bagian yang pertama), serta Bellini, Donizetti, dan Verdi. Adapun istilah lain seperti aria cantabile, yakni lagu yang dinyanyikan secara mengalir dan emosional, dimana penyanyi punya kebebasan untuk berimprovisasi di ornamen-ornamen tertentu. Lalu ada aria di bravura, yang lebih menitikberatkan pada kemampuan teknis. Aria parlente, yang lebih mendekati deklamasi ketimbang melodi.

Carol : Lagu natal, biasanya dengan karakter yang religius. Diyakini bahwa karol diawali di gereja St. Francis, yakni di Gresia, dekat Assisi, Italia. Tidak ada keterangan waktu kapan St. Francis memulainya, namun diyakini bahwa karol paling tua yang pernah ditulis adalah "The Boar's Head" pada tahun 1521. Karol berkembang tidak hanya sebatas di lingkup gereja, melainkan juga menjadi musik rakyat bagi beberapa komunitas tertentu. Seperti di Chester, Inggris, pada abad ke-14, pernah warga lokal mengusir beberapa musisi dalam sebuah acara umum. karena tidak mampu memainkan karol dengan baik.
Karol bisa berupa lirik atau narasi. Lagunya seringkali tentang segala hal yang transenden. Adapun ia bisa mengadaptasi melodi-melodi dari lagu sekular, untuk kemudian diubah menjadi lirik yang religius, dan bahkan sebaliknya, seperti The Beggar's Opera-nya Pepusch.
Beberapa karol yang terkenal adalah "Wassail Song", "Down in Yon Forest", "We've Been Awhile Awandering", dan "Silent Night, Holy Night".

Elegy : Lagu yang biasa ditujukan untuk kematian seseorang. Elegi yang populer adalah "Elegie" karya Jules Massenet.

Mattinata : Disebut juga sebagai "lagu selamat pagi", lagu penuh cinta yang digambarkan dinyanyikan oleh seseorang dari jendela. Sangat disenangi oleh banyak komposer Italia seperti Leon-cavallo dan Tosti.

Serenade : "Lagu cinta di malam hari", digambarkan dinyanyikan oleh seorang pria yang berada di bawah jendela kamar seorang wanita. Contoh serenade yang terkenal adalah karya Schubert, "serenade" yang diambil dari Schwanengesang. Selain itu ada pula karya-karya dari Brahms, Richard Strauss, dan Tosti. Selain itu ada pula yang dinamakan serenata, bentuk komposisi vokal yang populer di abad ke-18, kadang disebut juga sebagai kantata sekular.



No comments:

Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.